Skip to content
Iklan

Bagaimana meningkatkan performa pada Head standard : Cylinder head porting ala RAT MOTORSPORT ( 2 )


Alhamdulillah,

Setelah kemarin kita bisa berbagi tentang meningkatkan performa cylinder head standard melalui teknik back cut, sekarang kita akan masuk pada sesi yang memanfaatkan pisau tuner. Ciee.. udah mau jadi tuner ni ye… πŸ˜‚ Namun ada baiknya sebelum memulai mengayunkan pisau tuner, kita kembali mengingat prinsip dasar dalam me morting. Yaitu apa guys, jangan terlalu bersemangat berlebih, kerjakan dengan fokus dan santai. Jangan terburu-buru, nikmati setiap ayunan tuner mu menari, karena disini nilai keindahannya akan membuat hasilmu lebih dihargai oleh customer. Customer puas kan lantas bisa menjadi temanmu. Ternyata nikmat kan dengan ilmu kita bisa menyenangkan orang lain, selain berpahala , mendapat rejeki, bisa menambah persaudaraan pula. Bukankah itu “mahal” harganya. 😎

AREA DISEKITAR KLEP

Ya fokus selanjutnya kita akan memperhatikan area disekitar klep, utamanya ketika klep terangkat. Adakah yang menghalangi aliran udara masuk ke silinder ketika klep terangkat, coba lihat area di samping kiri kanan klep. Bila ada yang menutupi, atau terlihat sangat sempit jaraknya dari klep, pisau tuner bisa kita ayunkan untuk membukanya.

Tapi bukankah bila kubahnya dilebarkan volume ruang bakar akan lebih banyak yang berakibat kompresi turun? Iya benar, oleh karenanya cara pengambilannya harus tepat dan sesedikit mungkin. Bagaimana caranya untuk menentukan kubah ini perlu dibuka atau tidak? Coba angkat klep pada ketinggian kurang lebih 4mm dari kondisi tertutup. Nah coba dilihat adakah area kubah yang menutupi pada saat itu. Di kondisi seperti inilah kita akan mencari remah tenaga ekstra.

Mengapa tidak mencoba saat klep terbuka penuh? Ya karena saat klep kondisi full lift, tentu aliran udara dari porting tidak ada yang menghalangi karena klep terbuka bebas dan melebihi permukaan cylinder head. Coba diperhatikan. Kalau masih ada yang menutupi ya berarti klep mu terlalu mendem bro kedalam kubah, alias ambles. Itulah sebabnya kami sekarang juga tidak terlalu suka membenamkan klep kecuali dengan trik tertentu dalam kedaan terpaksa.

Karena modifikasi head terbaik tetap dengan cara merubah sudut klep dan melebarkan diameter payung klep. Dengan merubah sudut klep, kita bisa memposisikan klep standby pada permukaan tertinggi di ruang bakar. Jadi begitu klep terangkat sedikit, byooorrr.. flow ( aliran ) udaranya lewat dengan lega. Mau order head klep lebar? Bisa kontak asisten spesialis head kita untuk dibuatkan super head, begitu bilangnya bro. Nomor wa nya : 0812 1717 9773

Namun karena saat ini kita dalam tema khutbah memaksimalkan head standard, maka amatilah modelnya. Biasanya kubah head motor standard sudah tidak ada yang menghalangi flow klep. Bila konstruksi nya menggunakan dua klep, maka desain kubah yang digunakan adalah hemi ( model kubah lebar seperti mangkok) contoh : shogun 125, honda tiger atau semi hemi seperti jupiter z misal yang memiliki kubah lebar plus ditambah squish.

Lantas bagaimana setelah modif klep lebar? Ya kalau bisa kembalikan tak jauh dari acuan standard. Tapi banyak juga mekanik yang menyukai kubah bath tub atau semi bath tub dan desain piston dengan dome atau jenong piston relatif rendah. Ada ngga head motor standard mengacu pada desain ini? Ada coba amati yamaha scorpio, kubahnya semi bathtub menurut kami hehee… oiya dome piston terlalu tinggi untuk mengejar kompresi memiliki sedikit efek buruk, selain menghalangi gerak rambat api dari busi, coakan klep pada piston yang terlalu dalam yang biasanya ikut dalam desain piston dome tinggi bisa mengganggu aliran udara di silinder. Oleh karenanya diperlukan ke cermatan kita dalam mendesain kubah ruang bakar serta dome piston.

Desain yang baik bagaimana? Ternyata para insinyur di jepang juga memikirkan bagaimana meningkatkan performa mesin terbaru mereka namun tanpa mengurangi efisiensi mesin. Ya mereka lho kuliahnya tinggi, lha kita kuliah aje engga jadi ya mempelajari dengan cara memperhatikan ilmu mereka hehehe… penting semangat belajar.

Lihat motor-motor terbaru, seperti honda blade, yamaha jupiter z1, mereka relatif memiliki ukuran diameter klep yang besar dan kubah terbuka namun dengan kedalaman kubah yang cetek ( pendek / rendah ) sehingga mereka bisa mendapatkan volume ruang bakar kecil meski tanpa piston dome. Lihat ilustrasi dibawah ini perbandingannya

Adakah desain yang lebih mantap lagi? Ada. Maka para insinyur menyebutnya dengan kubah pentroof dengan konfigurasi 4 klep. Unnccchhhh… itu sangat indah. Terimaksih Tuhan engkau telah memberikan ilham pemikiran kubah the best ( setidaknya menurut kami terbaik 😊) kepada para insinyur-insinyur terdahulu kami hehehe… 😁 lihatlah desain kubah yang begitu kompak , dengan posisi katup berada di atas semua, kubah lebar namun pendek sekali. Untuk bikin kompresi tinggi pun kita ga butuh dome tinggi pastinya. Masalah flow? Begitu klep terangkat sedikit jelas wusss udara langsung menggulung keluar karena ga ada yang menghalangi ini. Kelebihan tambahan? Posisi busi yang ada di tengah, iya dorongan ledakannya ga miring bro 😎 komplit! Yuk ganti dengan motor Fu, CBR, Ninja 250, hehehe yang keren2 itulah.

Yak segini dulu biar ga spaneng, sebentar lagi kita akan masuk sesi terakhir …

TETAP SEHAT ! TETAP SEMANGAT! BIAR BISA JALIN PERSAUDARAAN TIAP HARI!

RAT MOTORSPORT INDONESIA

Alamat : Raya Bypass Juanda No. 17

SIDOARJO – JAWA TIMUR

call / wa : 081232809454

insta : ratmotorsby

Iklan

ratspeed Lihat Semua

RAT Motorsport adalah bengkel perawatan dan perbaikan motor secara umum.

Rat Motorsport juga menerima order untuk modifikasi mesin motor untuk harian, semisport, maupun full race.

Try our :
Porting Polished Head
Camshaft Grinding
Tune UP plus

contact us : 085645577007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: