Skip to content
Iklan

Bore up jaman Now Yamaha Jupiter mx old , Tua-tua keladi tembus tenaga 26dk πŸ˜‡


Alhamdulillah

Masih bertemu dengan pelanggan yang bersemangat korek motor tua nya. Meski yang lain sudah menunggangi motor injeksi keluaran terbaru mr.W yang kerja di salah satu Mall terbesar di surabaya ingin menjadikan motor mx tua kenangan miliknya menjadi monster jalanan.

Cukup berbekal bore up kit 62mm untuk mendongkrak isi perut silinder nya menjadi 175cc , tak usah berlebihan , supaya aman juga awet untuk kota kota. Namun kesempurnaan menjadi keharusan. Mesin dibelah total untuk memperkuat kruk as. Selain dibalancing, stang dan bearing kruk as diperbarui.

Rombakan penting pada cylinder head dirubah klep besar dari awalnya 19/17 dioversize klep menjadi 22/19. Porting polished jalur masuk dan buang tak lupa dilakukan , melebarkan jalur intake menjadi 28mm serta pada bagian buang 26mm.

Pir klep diganti dengan swedia dengan ganjal 2mm. Hal ini dilakukan untuk antispasi saat Agus, siswa dari mojokerto melakukan eksperimentasi noken as nantinya. Apalagi pemasok api nantinya dihajar oleh CDI predator yang request kuat apinya setara prodrag 😁 hehehe… predator sih cdi murmerJam.. murah meriah kejam!!! Supplay bahan bakar tetap dipercayakan pada pe 28mm dengan kombinasi jetting 48 / 125 supaya tenaga hingga 12.000 rpm tidak kedodoran.

Percobaan pertama tentu tidak lupa cam standard dipasang pada motor ini. Terukur durasi in dan ex hanya bermain di 200 derajat dengan lift 6.4mm. Hasilnya motor memang sangat membentak , galak namun tenaga atas ampang. Terbukti di dyno hanya tertera 19dk. Menjadikannya tak lebih nafasnya tetap pendek.

Kedua pembelajaran cam semi race atau durasi yang tidak terlalu jauh dari standard. Tujuannya memang menjaga motor agar tetap galak ber akselerasi namun tenaga atas tidak kedodoran. Maka dicoba cam baru dengan durasi 248 dengan lsa 109 serta lift cam di 7.50mm alias hanya selisih 1mm. Dirasa inilah cam yang paling wajar untuk penggunaan harian. Dijalan motor tetap galak namun nafas tetap mau panjang dan terus ngisi. Hasil dyno juga menunjukkan ada di 24.3dk dengan torsi 17.5nm. Mantap!!!

Test final power mampu menembus 25.9dk. Namun cam ini tidak di instal, hanya sebagai test. Dikarenakan durasinya yang sudah mencapai 270 derajat dirasa mulai menyentuh titik race cam. Apalagi lift cam yang sudah 9.12mm. Ditakutkan selain boros pada konsumsi bahan bakar juga tenaga putaran bawah menjadi terlalu lembut meski tenaga atasnya njambak banget… ngerih. Oya langsam mulai seperti motor balap dan baliknya rpm pun lambat. Atau seringkali mbandang bahasa sidoarjonya wkkwkw…

So , modifikasi ternyata tak cuma melulu mengejar power sementara kudu menjaga kenyamanan pemakaian serta keawetan mesin. Kebijakan tuner dalam memilih perpaduan noken as dan menata mekanikal mesin tetap yang utama.

Tetap sehat – Tetap semangat! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari.

Rat motorsport indonesia

Jl. Raya bypass juanda no 17

Sidoarjo – jawa timur

call / wa : 081232809454

bbm pin : ratmotor

fb : RAT MOTORSPORT INDONESIA

instagram : @ratmotorsby

Kategori

Tak Berkategori

Iklan

ratspeed Lihat Semua

RAT Motorsport adalah bengkel perawatan dan perbaikan motor secara umum.

Rat Motorsport juga menerima order untuk modifikasi mesin motor untuk harian, semisport, maupun full race.

Try our :
Porting Polished Head
Camshaft Grinding
Tune UP plus

contact us : 085645577007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: