Skip to content
Iklan

PORTING DAN MODIFIKASI SILINDER NINJA SUPERKIPS


Untuk memperoleh luapan tenaga optimal dari kendaraan kita niscaya membutuhkan sedikit sentuhan modifikasi. Pada mesin 2tak sering kita melakukan porting pada block silinder, bagaimanakah acuannya supaya kita tidak salah melangkah. Berikut beberapa tips dari tuner RAT Motorsport bagi para pencari remah remah tenaga.

Transfer port

Lubang transfer dapat dianalogikan sebagaimana porting intake pada cylinder head 4 tak. Sebagaimana hakikat fungsi porting adalah sebagai jalur, perpindahan udara dan bahan bakar menuju silinder. Khususnya pada mesin 2 tak, kekuatan perpindahan bahan bakar ditentukan oleh tekanan kompresi crankcase.

Kompresi crankcase yang lebih padat artinya akan terjadi tekanan lebih besar ketika lubang transfer terbuka sehingga masuknya bahan bakar akan lebih deras, otomatis hanya perlu durasi singkat untuk menyelesaikan proses transfer. Kecuali ada gangguan satelit sehingga mesin ATM rusak jadinya gagal transfer 🀣🀣🀣 apaa sih 😁

Memadatkan area crankcase memberi keuntungan pada putaran tinggi namun ternyata memberi kekurangan pada rpm rendah. Lho aku kira sebaliknya padahal kemaren-kemaren. Ternyata campuran bahan bakar yang terlalu cepat pada rpm bawah justru sebagian lolos ke lubang buang sebelum gerakan piston menutup. Faktor lain adalah sudut porting transfer pada bagian atas. Misalkan sudut porting mengarah ke busi juga bisa mengakibatkan low rpm kedodoran.

Exhaust port

Semua pasti sudah memahami bahwasanya konsep tentang tinggi exhaust yang mempengaruhi efektifitas power range. Semakin tinggi exhaust akan semakin bergeser pula puncak tenaga kita ke rpm tinggi. Seberapa banyak kita perlu menaikkan exhaust, khususnya pada ninja.

Apa yang special dari motor ninja? Ya, sistem super kips! Kita harus bersyukur pada Tuhan karena telah menganugerahkan pemikiran pada engineer kawasaki untuk menciptaka superkips. Bagaimana tidak, superkips mampu memberikan kebocoran halus pada saat yang tepat untuk memaksimalkan tenaga di putaran atas. Pernahkah kita mengukur tinggi superkips ? Dari bibir block tinggi lubang exhaust superkips adalah 27mm! WOW

Sedangkan Primary exhaust tingginya 34mm. Kombinasi ini , pada saat rpm rendah exhaust bekerja dengan durasi rendah untuk meminimalisir engine “blowdown” alias kehilangan tekanan lontar maupun kekuatan dorongan kompresi. Sedangkan pada rpm tinggi exhaust pun berubah jadi durasi tinggi untuk mengurangi tekanan silinder sehingga tenaga optimal terpacu dan rpm tidak nahan. Keren kan… 😁😁

Jadi untuk memodifikasi lubang exhaust primary, pada ninja biasanya tak lebih dari 29mm dari bibir blok ke ujung lubang exhaust. Karena kalau lebih dari itu, misal ke 28mm resiko atap porting retak dan timbul kebocoran lubang radiator. Untuk korek harian bisa memakai tinggi 32mm.

Karena ukuran hanya sebatas ukuran, dan desakn porting exhaust menjadi penting. Bagaimana menjaga kevakuman dan memaksimalkan tenaga menjadi tugas tuner untuk mendesain ulang bentuk lubang buang. Sekaligus memikirkan daya tahan, karena top porting yang semakin mendatar akan lebih rawan menyebabkan kerusakan ring piston.

So, kalau kalian butuh upgrade tenaga Ninja 2tak kalian bisa kontak kita ya. Atau mau pesan knalpot nya sekalian dengan senang hati kami siap membantu 😁

Tetap Sehat! Tetap Semangat! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari.

  • RAT motorsport Indonesia
  • Raya bypass juanda no 17
  • Sidoarjo – Jawa Timur
    call / wa : 081232809454

    bbm pin : ratmotor

    fb : RAT MOTORSPORT INDONESIA

    instagram : @ratmotorsby

Iklan

ratspeed Lihat Semua

RAT Motorsport adalah bengkel perawatan dan perbaikan motor secara umum.

Rat Motorsport juga menerima order untuk modifikasi mesin motor untuk harian, semisport, maupun full race.

Try our :
Porting Polished Head
Camshaft Grinding
Tune UP plus

contact us : 085645577007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: